RPP PAI X Semester 2



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah           :  SMK AMEC
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester          : X/ 2
Waktu                        :  2 x 45 menit
Aspek                         :  Al-Qur’an

A.  Standar Kompetensi
7.         Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi.

B.  Kompetensi Dasar
7.1   Membaca QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi        :

Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
  Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38.

Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
  QS Ali Imran : 159
  QS Asy-Syura : 38
E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek
F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
  Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38.

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Membaca dengan fasih Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura:38
  Siswa mengamati Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
§ Menyebutkan arti per-kata Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy Syura: 38.
§ Menyebutkan per-ayat Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy Syura: 38.
  Siswa membiasakan perilaku demokra-tis yang terdapat dalam Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
  Mempraktikkan perilaku demokra-tis yang terdapat dalam Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
  Menunjukkan perilaku demokra-tis yang terdapat dalam Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38.
-      guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
-      Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca surat tersebut diatas ?
-      Pernahkah kalian membaca surat tersebut diatas ?
-      Siapakah diantara kalian yang sudah hafal QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38?
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38, untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
-      Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca QS Ali Imran: 159 , yaitu sebagai berikut.

.......


-      Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca QS Asy - Syura: 38, yaitu sebagai berikut.
......


-      Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38.

Eksplorasi
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan hukum bacaan dalam isi QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38 secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.
Konfirmasi
-      Dalam QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38  banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti perilaku demokratis yang selalu mengutamakan kepentingan umum dibanding dengan kepentingan pribadi dan selalu mengambil keputusan secara bersama dan  tidak diktator dalam hal mengambil keputusan . Jika direnungkan, betapa tingginya nilai demokratis yang selalu dilakukan dengan kebersamaan.
c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38 sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen AgamaRI
  Buku pelajaran PAI SMK kelas X

J.   Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Bacalah penggalan ayat yang mengandung arti dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu.
وَشَاوِرْهُمْ فِي الأمْرِ
2.
فَجُمِعَ السَّحَرَةُ Arti penggalan ayat tersebut adalah........

Lalu dikumpulkanlah ahli-ahli sihir
3.
Hukum bacaan “nun mati” bertemu dengan “lam” adalah…….

Idgham Bilaghunnah

II. Tes Perbuatan
No.
Nama Siswa
Kemampuan Membaca
1
2
3
4
5
1.     1
Ade Novia





2.     2
Fa’iq Naulfal





3.     3
Mega





Dst
Dst..........................






Keterangan :                                                            Skor Tes Perbuatan :          
1.    = Membaca lancar dan baik                                 = 80 – 90 = A
2.    = Membaca lancar kurang baik                            = 70 – 79 = B
3.    = Membaca Terbata-bata                                     = 60 – 69 = C
4.    = Membaca Terbata-bata dengan bantuan guru   = 50 – 59 = D
5.    = Tidak dapat membaca                                      = kurang dari 50 = E




Mengetahui                                                                 
Kepala Sekolah



Indra Cahya Firdaus, M.Pd
NIP:


Depok,   2 Januari  2017
Guru Bidang Studi



Ahmad Mushowir, S.Pd.I
NIP.

Comments

Popular posts from this blog

Refleksi Tafsir Ayat Tarbawy

Money and Marchandise