RPP PAI X Semester 2
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMK AMEC
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : X/ 2
Waktu : 2 x 45 menit
Aspek : Al-Qur’an
A. Standar Kompetensi
7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang
Demokrasi.
B. Kompetensi Dasar
7.1
Membaca QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Mampu
membaca
Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Ali Imran : 159
dan Asy-Syura : 38.
|
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung
jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada
aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja
keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
Patuh
dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
Toleran
terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
QS
Ali Imran : 159
QS
Asy-Syura : 38
E. Metode Pembelajaran:
Ceramah
, tanya jawab dan Praktek
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
Mampu
membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
Mampu
mengidentifikasi tajwid Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38.
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Membaca dengan fasih Q.S. Ali Imran: 159 dan
Asy-Syura:38
Siswa mengamati Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura:
38
|
§ Menyebutkan arti
per-kata Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy Syura: 38.
§ Menyebutkan
per-ayat Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy Syura: 38.
|
Siswa membiasakan perilaku demokra-tis yang terdapat
dalam Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
Mempraktikkan perilaku demokra-tis yang terdapat
dalam Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
Menunjukkan perilaku demokra-tis yang terdapat dalam
Q.S. Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan
Awal
-
Guru-Siswa
memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-
Siswa
menyiapkan kitab suci Al Qurán
-
Secara
bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-
Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar
yang akan dicapai.
b. Kegiatan
Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa
melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui
sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran QS Ali Imran: 159 dan
Asy - Syura: 38.
-
guru mengawali dengan mengajukan beberapa
pertanyaan, contohnya:
-
Pernahkah
kalian mendengar orang lain membaca surat tersebut diatas ?
-
Pernahkah
kalian membaca surat tersebut diatas ?
-
Siapakah
diantara kalian yang sudah hafal QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38?
-
Guru
menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca QS Ali Imran: 159 dan Asy -
Syura: 38, untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah
bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
-
Setelah
para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk
membaca QS Ali Imran: 159 ,
yaitu sebagai berikut.
-
Setelah
para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk
membaca QS Asy - Syura: 38,
yaitu sebagai berikut.
......
-
Guru
meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam QS
Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38.
Eksplorasi
-
Guru menugaskan kepada siswa untuk
mendiskusikan hukum bacaan dalam isi QS Ali Imran: 159 dan Asy
- Syura: 38 secara berkelompok.
-
Siswa
diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.
Konfirmasi
-
Dalam QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38 banyak mengandung nilai-nilai sikap dan
perilaku yang utama, seperti perilaku demokratis yang selalu
mengutamakan kepentingan umum dibanding dengan kepentingan pribadi dan selalu
mengambil keputusan secara bersama dan
tidak diktator dalam hal mengambil keputusan . Jika direnungkan, betapa tingginya
nilai demokratis yang selalu dilakukan dengan kebersamaan.
c. Kegiatan
Akhir (Penutup)
-
Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca QS Ali Imran: 159 dan Asy -
Syura: 38 sebagai penutup materi pembelajaran.
-
Guru
meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan QS Ali
Imran: 159 dan Asy - Syura: 38.
-
Guru
menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-
Guru
mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
H. Penilaian
Tes
perbuatan (Performance Individu)
Tes
tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
Al
Quran dan terjemahan Departemen AgamaRI
Buku
pelajaran PAI SMK kelas X
J. Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
|
Butir – butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Bacalah penggalan ayat yang mengandung arti dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam
urusan itu.
|
وَشَاوِرْهُمْ فِي الأمْرِ
|
2.
|
فَجُمِعَ
السَّحَرَةُ Arti penggalan ayat tersebut adalah........
|
Lalu dikumpulkanlah ahli-ahli sihir
|
3.
|
Hukum bacaan “nun mati” bertemu dengan “lam”
adalah…….
|
Idgham Bilaghunnah
|
II. Tes Perbuatan
No.
|
Nama Siswa
|
Kemampuan Membaca
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1. 1
|
Ade Novia
|
|||||
2. 2
|
Fa’iq Naulfal
|
|||||
3. 3
|
Mega
|
|||||
Dst
|
Dst..........................
|
Keterangan :
Skor Tes Perbuatan :
1. = Membaca lancar dan baik =
80 – 90 = A
2. = Membaca lancar kurang baik = 70 – 79 = B
3. = Membaca Terbata-bata = 60 – 69 =
C
4. = Membaca Terbata-bata dengan bantuan guru
= 50 – 59 = D
5. = Tidak dapat membaca = kurang dari 50 = E
Mengetahui
Kepala Sekolah
Indra Cahya Firdaus, M.Pd
NIP:
|
Depok, 2 Januari 2017
Guru Bidang Studi
Ahmad Mushowir, S.Pd.I
NIP.
|
Comments
Post a Comment